Preloader Logo

Wisata Sawah Kekinian: Ide Liburan Akhir Pekan

Cover Article

Wisata sawah telah berkembang dengan pesat di Indonesia. Sebut saja sawah terasering di Tegallalang (Bali) atau sawah pinggir tebing  di Lembah Harau (Sumatera Barat), keduanya memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang rindu suasana pedesaan atau mencari suasana baru. Tak heran, wisata sawah diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Meskipun identik dengan pedesaan, wisata sawah tidak hanya terbatas di wilayah pelosok saja. Tahukah Sobat Tani bahwa kini ada banyak kawasan agrowisata sawah di pinggir ataupun tengah perkotaan? Simak rekomendasi wisata sawah untuk liburan akhir pekan dari Bertani Academy.

Sawah Terasering Warisan UNESCO: Sawah Tegallalang Bali 

Sawah Tegallalang atau yang lebih umum dikenal sebagai Sawah Ceking, merupakan kawasan wisata yang sudah populer sejak lama. Kawasan ini banyak dikunjungi oleh turis mancanegara, khususnya yang mengunjungi desa wisata Ubud, Bali. Bahkan, Sawah Tegallalang telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO, lho!

Sawah Tegallalang memiliki ciri khas berupa sawah bertingkat yang dikenal sebagai terasering. Bentuk ini aslinya bertujuan sebagai sistem irigasi yang dikenal sebagai “subak”. Subak merupakan bentuk adaptasi pengelolaan sumber daya lahan dan air di daerah aliran sungai.

 Sawah Tegallalang

Terasering di Sawah Tegallalang 
Sumber: bali.com

Pesona Sawah di antara Tebing: Lembah Harau 

Kawasan Lembah Harau memiliki keunikan lokasi dibandingkan sawah pada umumnya. Bila sawah umumnya terletak di dataran rendah yang luas, sawah di Lembah Harau dikelilingi oleh tebing ketinggian 100-200 meter. Kondisi ini menciptakan pemandangan yang tidak biasa.

Lembah Harau menjadi salah satu idaman bagi wisatawan yang ingin menikmati keasrian sawah di tempat sejuk. Kawasan Lembah Harau terletak sekitar 145 km dari ibu kota Sumatera Barat, Padang. Meski cukup jauh dari kota, kawasan ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti penginapan, kawasan tematik, dan area hiburan lainnya.

Lembah Harau

Lembah Harau 
Sumber: Tribrata News – Polri 

Antara Sawah dan Borobudur: Svargabumi 

Apakah Sobat Tani tahu bahwa terdapat objek wisata dengan pemandangan sawah sekaligus candi terbesar di Indonesia? Svargabumi adalah jawabannya. Berlokasi di Jalan Borobudur-Ngadiharjo, Magelang, Svargabumi dikembangkan secara khusus untuk wisatawan yang ingin bersantai menikmati alam sekaligus berfoto di spot terbaik.

Svargabumi memiliki pemandangan yang membuat takjub, khususnya ketika matahari terbit. Dengan lokasi yang cukup dekat dengan Candi Borobudur, Sobat Tani bisa mengunjungi kedua tempat dalam satu kali perjalanan. Sobat Tani juga bisa mencoba belajar pertanian dan menanam padi di sini dengan membeli paket agroeduwisata.

Svargabumi

Wisata Sawah Svargabumi 
Sumber: instagram.com/svargabumi

Cuci Mata Sekaligus Olahraga: Trekking Sawah Sentul 

Ingin menikmati sawah sekaligus berolahraga di dekat Jakarta? Sobat Tani bisa coba melakukan trekking di kawasan Sentul, Bogor. Daerah Sentul menjadi destinasi favorit bagi penduduk Jakarta untuk mencari suasana alam karena hanya terpaut satu jam perjalanan dengan mobil.

Terdapat berbagai opsi trekking di daerah Sentul dengan variasi pemandangan sawah. Beberapa di antaranya meliputi Curug Leuwi Asih, Curug Leuwi Hejo, dan Goa Garunggang-Curug Leuwi Asih. Sobat Tani dapat menikmati pemandangan sawah sekaligus air terjun dalam masing-masing perjalanan.

 Leuwi Hejo Sentul

Trekking Leuwi Hejo, Sentul 
Sumber: Kompas

Santap Di Tengah Sawah: D’Sawah Restaurant 

Bila Sobat Tani ingin sekadar menyantap makanan dengan pemandangan sawah, D’Sawah Restaurant dapat menjadi pilihannya. D’Sawah terletak di Kota Bogor sehingga mudah dijangkau oleh penduduk Jakarta dan sekitarnya. Restoran ini membawa pengunjung untuk menikmati santapan di tengah hamparan sawah dengan konsep lesehan.

Selain menyediakan makanan, D’Sawah juga menyediakan berbagai aktivitas dengan nuansa pertanian, seperti kegiatan menanam padi, bersepeda di pinggir sawah, serta spot untuk berfoto.  

 D'Sawah Restaurant Bogor

D’Sawah Restaurant Bogor 
Sumber: Bogor Today  

 

Kini, wisata sawah tidak terbatas pada lokasi yang jauh dari perkotaan sehingga lebih mudah diakses oleh pengunjung dari berbagai daerah. Sobat Tani bisa kini bisa lebih mudah melepas penat dan kerinduan akan nuansa asri. Jadi, Sobat Tani tertarik mengunjungi lokasi mana, nih?

 

Referensi: 

Bogor Today. (2022). Kulineran Sambil Ditemani Kicau Burung dan Hamparan Sawah di Sini Tempatnya. https://bogor-today.com/2022/01/29/sawah/.

Indonesia Travel. Jalan-jalan ke Sumatera Barat, Siap-siap Terpukau dengan Pesona Lembah Harau. https://www.indonesia.travel/id/id/ide-liburan/jalan-jalan-ke-sumatera-barat-siap-siap-terpukau-dengan-pesona-lembah-harau. 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2023). Lembah Harau, Pesona ‘Desa Konoha’ Versi Indonesia. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/lembah-harau-pesona-desa-konoha-versi-indonesia.

Kemlu.go.id. (2021). Keindahan Teras Sawah Tegalalang, Ubud, Bali. https://kemlu.go.id/madrid/id/news/16714/keindahan-teras-sawah-tegalalang-ubud-bali.

Putra, C.Y.M. (2023). Subak Tak Sekadar Warisan Budaya. Kompas.id.  https://www.kompas.id/baca/nusantara/2023/08/13/subak-tak-sekedar-warisan-budaya.

Sari, D.I., et al. 8 Tempat Trekking di Sentul Bogor, Bisa Buat Anak dan Keluarga. Kompas.com. https://travel.kompas.com/read/2022/05/24/160400127/8-tempat-trekking-di-sentul-bogor-bisa-buat-anak-dan-keluarga.

Susanto, E. (2023). Tak Cuma Tempat Swafoto, Svargabumi Tawarkan Sensasi Tanam Padi di Sawah. Detik.com. https://www.detik.com/jateng/wisata/d-6900698/tak-cuma-tempat-swafoto-svargabumi-tawarkan-sensasi-tanam-padi-di-sawah.