Preloader Logo

Terungkap! Rahasia Padi dari Negara Asal Bruno Mars

Cover Article

Tahukah Sobat Tani bahwa Bruno Mars ternyata berasal dari negara dengan julukan “Lumbung padi dunia”? Negara yang dimaksud ini tak lain adalah Filipina, negara asal ibu Bruno Mars. Bahkan, negara asal Bruno Mars ini memiliki pusat penelitian padi terbesar di dunia.

Dengan luas yang jauh lebih kecil dari Indonesia, ternyata Filipina sukses mengembangkan berbagai teknologi pertanian padi hingga menjadi sangat produktif. Apa saja hal unik dari pertanian padi Filipina? Simak dalam bahasan berikut.

Pusat Penelitian Padi Terbesar di Dunia

Pusat penelitian padi terbesar di dunia berada di Filipina, yakni lembaga penelitian bernama IRRI (International Rice Research Institute). IRRI berkantor pusat di Los Baños, Laguna, tetapi memiliki kantor di 17 negara penghasil beras utama dunia.

IRRI didirikan atas dasar kerja sama antara Ford dan Rockefeller Foundation dengan pemerintah Filipina di tahun 1960. Sejak didirikan, IRRI turut berperan dalam peluncuran berbagai varietas padi unggul. Kini, inovasi padi oleh IRRI juga difokuskan untuk mengatasi tantangan perubahan iklim dan keberlanjutan pertanian.

Pusat penelitian padi IRRI di Filipina

Pusat penelitian padi IRRI di Filipina
Sumber: Crop Trust

Penyelamat Bencana Kelaparan 1960-1970an

Filipina melalui IRRI berhasil membantu negara-negara di Asia keluar dari bencana kelaparan di tahun 1960-1970an. Gerakan riset bahan pangan padi ini dikenal sebagai revolusi hijau. Keberhasilan ini diperoleh melalui penemuan padi varietas IR8 di tahun 1967. Varietas IR merupakan padi hasil pemuliaan padi kategori semikerdil.

Varietas IR8 mampu memangkas waktu panen padi dan meningkatkan produktivitas tanaman. Penelitian menunjukkan peningkatan hasil produksi padi hingga 10 kali varietas tradisional. Hasilnya, IR8 mampu menyelamatkan India dari krisis kelaparan berskala besar serta kebutuhan pangan di masa perang Vietnam.

Kebun padi IR8

Kebun padi IR8
Sumber: IRRI

Sayangnya, popularitas IR8 menimbulkan tren penanaman padi tersebut secara monokultur. Praktik ini berisiko menurunkan keanekaragaman hayati dan meningkatkan risiko serangan hama dan penyakit padi. Akibatnya, terjadi peningkatan penggunaan pupuk dan pestisida kimia secara drastis. IRRI pun berusaha untuk memperbarui varietas IR8 agar lebih tahan hama dan penyakit.

Golden Rice: Beras Emas Penyuplai Vitamin A

Selain padi IR8, IRRI pernah mengembangkan varietas padi yang sempat menghebohkan, yakni golden rice atau beras emas. Bukan populer tanpa sebab, golden rice merupakan padi hasil modifikasi genetik (GMO) yang didesain untuk mengatasi defisiensi vitamin A yang menjadi masalah besar di Filipina.

Warna kuning dari golden rice dihasilkan dari penambahan gen beta karoten dari jagung dan bakteri. Beta karoten merupakan zat yang akan berubah menjadi vitamin A di dalam proses metabolisme tubuh manusia.

Meski sudah siap diaplikasikan dalam praktik pertanian, golden rice dikhawatirkan menimbulkan efek negatif, baik bagi kesehatan maupun bagi keseimbangan alam. Budidaya golden rice juga dinilai cukup lambat dibandingkan padi biasa sehingga tidak terlalu mudah bagi petani untuk membudidayakannya. Setelah proses cukup panjang, akhirnya golden rice memperoleh izin perbanyakan pertama di dunia pada tahun 2021 dan mulai dibudidaya dalam skala pilot (percobaan) di tahun 2022.

Golden rice

Golden rice
Sumber: IRRI

Itulah beberapa rahasia padi Filipina yang perlu Sobat Tani ketahui. Sebagai wilayah dengan konsumsi beras tinggi, negara-negara di Asia terus berupaya untuk mengembangkan inovasi pertanian padi. Mari kita dukung kemajuan pertanian padi berkelanjutan agar bisa memenuhi kebutuhan pangan global.

Referensi

International Rice Research Institute (IRRI). (2016). Rice Today, Special Supplement focusing on IR8. http://books.irri.org/RT_Supplement-IR8.pdf.

Kupferschmidt, K. (2013). Activists Destroy 'Golden Rice' Field Trial. Science. https://www.science.org/content/article/activists-destroy-golden-rice-field-trial.

Mckie, R. (2024). ‘A catastrophe’: Greenpeace blocks planting of ‘lifesaving’ Golden Rice. The Guardian. https://www.theguardian.com/environment/article/2024/may/25/greenpeace-blocks-planting-of-lifesaving-golden-rice-philippines.

Regis, E. (2019). The True Story of the Genetically Modified Superfood That Almost Saved Millions. Foreign Policy. https://foreignpolicy.com/2019/10/17/golden-rice-genetically-modified-superfood-almost-saved-millions/.

Rowlatt, J. (2016). IR8: The miracle rice which saved millions of lives. BBC.com. https://www.bbc.com/news/world-asia-india-38156350.