Preloader Logo

Jagung Manis vs Jagung Popcorn: Beda Jagungnya!

Cover Article

Ada beragam jajanan olahan jagung yang jadi favorit masyarakat di seluruh dunia. Mulai dari jajanan manis rebus, popcorn, hingga jasuke (jagung susu keju), jagung cenderung fleksibel untuk diolah menjadi berbagai olahan. Namun, tahukah Sobat Tani bahwa beragam hidangan tersebut dibuat dari beberapa tipe tanaman jagung (Zea mays) yang berbeda?

Menurut berbagai penelitian, tanaman jagung diyakini berasal dari benua Amerika. Namun, adanya perdagangan dan persilangan tanaman menjadikan jagung mampu ditemukan di berbagai belahan dunia dengan karakteristik masing-masing.

Beberapa kelompok jagung yang populer dikonsumsi di Indonesia antara lain jagung manis, jagung ketan, jagung tepung, dan jagung berondong. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas jagung manis dan jagung popcorn atau jagung berondong.

Jagung Manis

Sesuai namanya, jagung manis (Zea mays convar. saccharata) merupakan kelompok varietas jagung yang memiliki rasa cenderung manis, bahkan paling manis dibandingkan varietas jagung lainnya. Dengan warna kuning, bentuk bulir atau pipil berair, jagung manis merupakan salah satu jagung yang sering muncul di benak kita ketika memikirkan jagung.

Jagung manis

Jagung manis (Zea mays convar. saccharata)
Sumber: Plantinfo

agung manis memiliki kandungan dominan air dan gula polisakarida larut air (water soluble polysaccharide) sehingga rasanya cenderung manis. Kadar pati pada jagung manis relatif lebih sedikit dibandingkan jagung lain. Hal tersebut dibuktikan dengan pengeringan jagung manis yang menghasilkan bentuk keriput, berbeda dengan jagung bahan popcorn yang menjadi keras.

Kadar air yang cukup tinggi menjadikan jagung manis tidak cocok untuk bahan pakan ternak maupun popcorn. Jagung manis banyak diolah menjadi jagung bakar atau rebus, jagung kalengan, serta kudapan manis.

Jagung Popcorn

Jagung berondong (Zea mays convar. everta) merupakan tanaman bahan baku pembuatan popcorn yang merupakan camilan khas barat. Menurut penelitian, jagung berondong berasal dari daerah Meksiko dan merupakan salah satu kelompok jagung tertua secara evolusi.

Jagung popcorn atau jagung berondong

Jagung berondong (Zea mays convar. Everta)
Sumber: BioLib

Bahan mentah jagung berondong yang digunakan untuk pembuatan popcorn juga umumnya berasal dari luar negeri. Hal tersebut dikarenakan minimnya petani lokal yang melakukan budidaya jagung berondong. Sebagian petani merasa budidaya jagung berondong kurang menguntungkan karena permintaan pasar tidak setinggi tipe jagung lainnya. Selain itu, sebagian petani juga belum tertarik untuk memahami trik panen jagung ini.

Jagung berondong memiliki ciri khas berupa bulir berbentuk lonjong-runcing dengan tongkol berbentuk seperti buah stroberi. Jagung berondong juga memiliki kadar air lebih sedikit dibandingkan jagung manis. Adapun jagung berondong matang memiliki bulir berwarna kuning atau merah.

Jagung berondong yang siap panen untuk dijadikan bahan baku popcorn biasanya memiliki kadar air 13,5-14%. Tingkat kematangan menjadi penting untuk bisa memperoleh karakteristik bulir yang tepat untuk pembuatan popcorn.

Bulir jagung berondong

Bulir jagung berondong
Sumber: Heirloom Seeds Canada

Itulah perbedaan jagung manis dan jagung popcorn atau jagung brondong. Jadi sekarang Sobat Tani sudah tahu ya jenis jagung mana yang harus disiapkan untuk masing-masing hidangan?

Referensi

Farmers Forum. (2018). Popcorn farming: it’s easy to grow, but hard to market say producers. https://farmersforum.com/popcorn-farming-its-easy-to-grow-but-hard-to-market-say-producers/.

Indhirawati, R., et al. (2015). Karakterisasi Morfologi dan Molekuler Jagung Berondong Stroberi dan Kuning (Zea mays L. Kelompok Everta). Vegetalika 4(1): 102 – 114.

Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu. (2021). 4 Jenis Jagung di Indonesia, Beda Karakteristik dan Pemanfaatan. https://www.komite-umkm.org/4-jenis-jagung-di-indonesia-beda-karakteristik-dan-pemanfaatan/.

Tiofani, K., & Agmasari, S. (2021). Jenis Jagung untuk Bikin Popcorn, Hanya Ada Satu di Indonesia. Kompas.com. https://www.kompas.com/food/read/2021/10/06/160700875/jenis-jagung-untuk-bikin-popcorn-hanya-ada-satu-di-indonesia.

US Department of Agriculture – National Agricultural Library. (2016). Popcorn: Ingrained in America's Agricultural History. https://www.nal.usda.gov/exhibits/speccoll/exhibits/show/popcorn.

Wulandari, P., et al. (2024). Penerapan GAP (good agricultural practices) dalam berbudidaya jagung (Zea mays L.). Tahta Media Group.