Preloader Logo

Cegah Hama Pengerek Buah Pada Tanaman Kopi dengan Cara Ini!

Cover Article

Hama pengerek buah pada tanaman kopi umumnya disebabkan oleh serangga kecil yang menyukai biji kopi sebagai tempat berkembang biak. Serangga tersebut memasuki buah kopi dan menyebabkan kerusakan pada biji yang berdampak negatif pada kualitas dan juga kuantitas panen. Untuk itu, perlu adanya tindakan pencegahan untuk menghindari kerusakan akibat serangan hama ini. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah hama pengerek buah pada tanaman kopi 

  1. Gunakan Varietas Tahan

    Agar tanaman bisa lebih tahan secara fisik, pilih varietas yang memiliki ketahanan yang tinggi terhadap hama pengerek buah. Pemilihan varietas yang tahan tentunya harus memperhatikan kondisi iklim dan lingkungan tempat bercocok tanam. Bisa jadi, satu varietas yang cocok di wilayah A belum tentu cocok diaplikasikan di wilayah B. 

  2. Lakukan Rotasi Tanaman

    Rotasi tanaman ini bertujuan untuk mengganggu siklus hama pengerek buah. Dengan adanya rotasi tanaman ini, populasi hama akan berkurang dan dapat mengurangi risiko serangan hama pada tanaman kopi. Rotasi tanaman bisa dilakukan dengan menanam tanaman lain yang bukan inang alami bagi pengerek buah, seperti tanaman penyela. Jenis tanaman penyela yang dapat ditanam adalah jenis sayuran dataran tinggi, seperti buncis, kacang panjang, wortel, kubis, terong, atau timun. Jenis tanaman ini tidak akan mengganggu pertumbuhan tanaman kopi, tetapi malah dapat mendorong pertumbuhan kopi 

  3. Lakukan Sanitasi

    Sanitasi tanaman Kaka dapat mengurangi sumber penularan karena tanaman pengerek buah menyukai kakao yang sudah terinfeksi atau matang. Sanitasi juga dilakukan untuk menghilangkan habitat hama yang berkembang biak di tempat-tempat yang kotor. Untuk itu, lakukan pembersihan rutin di sekitar perkebunan kopibuang serasah yang jatuh dari kopi, dan buang cabang-cabang yang mati atau terinfeksi.  

  4. Atur Penanaman Naungan

    Tanami tanaman penaung di sekitar tanaman kopi yang berfungsi untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung pada tanaman kopi. Berkurangnya sinar matahari yang masuk ke tanaman kopi dapat menekan perkembangbiakkan hama pengerek buah. Selain itu, tanaman penaung juga dapat memberikan perlindungan dan menjaga kesuburan tanaman. Jenis tanaman penaung yang dapat ditanam adalah tanaman peneduh berupa pohon-pohon besar, seperti sengon, gamal, lamtoro, dadap, dan kakao.  

    Referensi:

    Nostra, Stella. 2023. Teknik Pengendalian Hama Pengerek Buah pada Tanaman Kopi. Edufarmers: Jakarta 

    Lemma & Abewoy, 2021

    Evizal, 2013

    Infannte, 2018